11/12/18

Uang Semakin Bertambah

Berikhtiar dan berdoa, semoga Allah mengabulkan.
Pada suatu hari saya usul ke bendahara masjid agar menaikkan jumlah isi amplop yang diberikan kepada para penceramah pengajian. Saya sampaikan juga bahwa semakin bertambah besar yang kita berikan, insya Allah akan semakin bertambah banyak pula jumlah perolehan yang masuk ke dalam kotak infaq. Mari kita buktikan! Demikian saya mengakhiri pembicaraan dengan pengurus takmir tersebut.

Ternyata betul. Semenjak uang transportasi untuk penceramah ditambah, maka bertambah pula jumlah uang infaq yang masuk ke takmir masjid. Saya memang sangat meyakini hal ini. Tidak hanya bagi masjid, tentu bagi siapa saja yang mau memberi, pasti dia akan menerima. Ajaibnya, yang diterima bukan jumlah yang sama, tapi lebih besar dari jumlah yang telah disedekahkannya.

Oleh karena itu, apabila kita ingin menjadi orang yang kaya, dikaruniai limpahan rezeki oleh Allah Swt., dan hidup bahagia, maka jangan pernah menjadi orang yang pelit. Mari kita datangkan banyak keuntungan dalam hidup kita dengan memberi atau bersedekah. Semakin kita banyak memberi maka semakin banyak pula kita akan menerima. Inilah sebuah amalan yang sering membuat para pelakunya tercengang karena mendapatkan imbalan yang berlipat dari apa yang disedekahkannya.

Berkaitan dengan hal ini, marilah kita perhatikan sebuah hadits dari Abu Hurairah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda:

“Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah Swt. akan menambah kemuliaan kepada hamba-hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu’ karena Allah Swt., maka Allah Swt. akan mengangkat (derajatnya).” (HR. Muslim).

Jelas sekali apa yang disabdakan oleh junjungan kita Nabi Muhammad Saw. dalam hadits tersebut, bahwa “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta.” Inilah hal penting yang mestinya menjadi jalan utama atau amalan bagi kita yang ingin menjadi kaya dan mendapatkan limpahan rezeki dari Allah Swt.

Senada dengan hadits di atas, menantu Nabi Saw., yakni Sayyidina Ali bin Abi Thalib karramallahu wajhah, juga pernah menyampaikan, “Mohonlah curahan rezeki dari Allah dengan banyak bersedekah.”

Mengenai balasan yang dilipatgandakan ini, marilah kita perhatikan firman Allah Swt. berikut:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2] : 261).

Sekarang semakin mantaplah kita. Tidak perlu lagi khawatir akan harta yang kita sedekahkan atau kita infaqkan itu hilang begitu saja, sehingga kita tidak mendapatkan gantinya. Sebagai orang yang beriman, tentu kita menyakini sepenuhnya apa yang telah difirmankan oleh Allah Swt. dan disabdakan oleh Rasulullah Saw. yang mulia. Mari kita songsong kehidupan yang berkelimpahan dengan banyak memberi.

20 komentar:

  1. Bener banget ustadz, jangan ragu untuk memberi sedekah lebih, untuk menyongsong kehidupan yang berkelimpahan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inggih, Mas Adi Pradana, bismillah, semoga berkah.

      Hapus
  2. saya sudah membuktikan sendiri jika kita ingin berkah perbanyaklah sedekah, dan alhamdulilah rezeki kita pun bertambah, setelah kita bersedekah

    BalasHapus
  3. Kalimat ini menohok banget Mas, "jangan pernah menjadi orang yang pelit..."
    Cara memberikan sedekah juga ada adabnya ya Mas, gak dilempar-lempar dari atas loteng rumah, misalnya. Miris saya baru-baru ini melihatnya di tv tentang memberi sedekah model begitu. Bagaimana menurut Mas?

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam hal ini, saya teringat sebuah pesan, bahwa dalam melakukan, mesti dilakukan pula dengan cara yang baik.

      Hapus
  4. Sependapat, mas ... kita rajin beramal, maka rejeki kitapun akan ditambahkan.
    Pengalaman pribadi, aku telah membuktikan hal itu.

    BalasHapus
  5. Iya pak, meski kadang "balasan" berlipat dariNya tidak melulu harus datang di dunia, bisa jadi nanti di alam sana :))
    Tidak akan ada yang luput dari perhitungan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Mbak Dwi Susanti, di sinilah pentingnya untuk selalu yakin dan husnuzhon kepada Allah Swt.

      Hapus
  6. semakin banyak sedekah semakin banyak rezeki kita seperti menanam benih di tanah,, semakin hari semakin besar rezeki kita ya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demikianlah rumusnya ya, Mbak Vika Hamidah.

      Hapus
  7. cuma belakangan ada yang mengganggu pikiran, mereka yang ingin kaya sedekahnya dengan mendatangi kiai dan minta didoakan tapi pada tetangga dan sodaranya yang miskin justru pelit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sinilah pentingnya memahami agama dengan baik ya, Mas Muhammad Affip.

      Hapus
  8. Alhamdulillah
    terima kasih sudah mengingatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ya, Mbak, makasih pula telah berkunjung kemari.

      Hapus
  9. benar sekali, bersedekah tidak akan pernah mengurangi harta malah akan menambah, selalu percaya dengan ini

    BalasHapus
  10. Bener banget tuh pak, saya juga lebih suka memberi daripada menerima.. Kalau bisa dan mampu saya biasa memberikan beberapa yang saya miliki kepada orang lain baik itu secara langsung maupun tidak.. Dan ini juga ingin memberikan beberapa buku dan pakaian yang sudah tidak terlalu terpakai dan semoga saja bisa bermanfaat untuk mereka disana yang membutuhkan, karena setiap memberi saya semakin bahagia dan bisa membantu orang orang terdekat saya, alhamdullilah lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah..., semoga berkah selalu. Aamiin...

      Hapus