11/04/18

Pendidikan Karakter Berbasis Agama

Santri membaca buku cerita berbasis agama.
Foto: Akhmad Muhaimin Azzet.
Nilai-nilai dari agama yang universal sesungguhnya dapat dijadikan dasar dalam pendidikan karakter. Misalnya, nilai kejujuran, saling menghormati, tanggung jawab, kerja keras, semangat untuk membantu, pemurah, membela orang yang lemah, menegakkan keadilan, sikap ksatria, atau teguh memegang amanah.

Mengenai nilai-nilai dari agama yang universal dapat dijadikan dasar dalam pendidikan karakter, ada pula yang tidak sepakat. Pendapat yang tidak sepakat ini berangkat dari sebuah pemikiran bahwa dalam kehidupan yang majemuk sebagaimana di Indonesia sama sekali tidak bisa melandaskan pendidikan karakter pada nilai-nilai agama. Bila hal ini dilakukan maka akan ada hegemoni agama yang dipeluk oleh mayoritas kepada orang-orang yang memeluk agama ninoritas.

Terhadap pendapat yang mengatakan bahwa nilai agama tidak bisa dijadikan dasar dalam pendidikan karakter, penulis perlu memberikan kritik. Barangkali pendapat tersebut diungkapkan dengan tergesa. Sebenarnya yang diusung untuk dijadikan dasar dalam pendidikan karakter adalah nilai-nilai agama yang bersifat universal sebagaimana dicontohkan di atas. Nilai-nilai agama yang bersifat universal sesungguhnya dimiliki oleh masing-masing agama.

Nilai-nilai universal agama yang dijadikan dasar dalam pendidikan karakter justru penting karena keyakinan seseorang terhadap kebenaran nilai yang berasal dari agamanya bisa menjadi motivasi yang kuat bagi anak didik dalam membangun karakter. Dalam hal ini, sudah tentu anak didik dibangun karakternya berdasarkan nilai-nilai universal dari agama yang dipeluknya masing-masing. Dengan demikian, anak didik akan mempunyai keimanan dan ketakwaan yang baik sekaligus berakhlak mulia.

Terlepas dari perbedaan konsep mengenai pendidikan karakter, bangsa Indonesia memang sangat memerlukan model pendidikan semacam ini. Sebab, pendidikan bukan hanya sebagai wahana untuk mendidik anak didik menjadi cerdas semata, akan tetapi juga berkarakter.

Sungguh, orang-orang yang berkarakter baik sangat dibutuhkan dalam membangun bangsa ini. Hanya orang-orang yang berkarakter baik yang bisa membangun kehidupan yang berkualitas, damai, dan membahagiakan.[]

16 komentar:

  1. Pendidikan Agama dari usia dini hingga usia berapapun memang sangat diperlukan, karena Agama akan membimbing seseorang selamat didunia dan akhirat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kang Nata, benar sekali. Semoga anak bangsa di negeri ini dapat berkembang dengan baik dalam pendidikan agama yang baik. Makasih ya, Kang. Aamiin...

      Hapus
  2. Pendidikan berkarakter yang didasarkan nilai-nilai agama akan mampu membentengi anak didik sampai akhir nanti. Karena ilmu agama bisa jadi pedoman dalam keseharian di segala aspek kehidupan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, Mbak Dian Restu Agustina. Ini merupakan nilai dasar yang semoga menjadi pedoman dalam mengarungi kehidupan.

      Hapus
  3. Setuju pendidikan karakter agama perlu dan wajib sekali dilakukan ya mas.. Agar anak kita dari kecil membentuk pribadi yang baik disiplin juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pribadi yang baik, termasuk mempunyai disiplin, tentunya bisa dibangun dengan pendidikan karakter berbasis agama ya, Mbak Vika Hamidah.

      Hapus
  4. benar itu..

    hanya yang berakhlak tinggi dan mulia pasti dipandang tinggi oleh ramai orang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhlak yang mulia adalah hal yang paling penting dan mendasar dalam beragama ya, Mas Hanafi.

      Hapus
  5. Menurut saya pendidikan karakter agama harus dilakukan. Karena pada zaman era globalisasi ini bukan tidak mungkin nilai-nilai agama yang mampu jadi pedoman mana yang benar dan mana yang salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali, Mas Glend, menghadapi era globalisasi, tentunya penting nilai-nilai agama sebagai pedoman, agar selamat, tidak hanya di dunia, tapi juga di akhirat. Aamiin...

      Hapus
  6. Sepakat nih, zaman skrg emg kudu bgt menerapkan pendidikan karekter agama, kl nggak dr kecil diterapkan mau kapan kan ya. Pendidikan karakter agama kan sbg landasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Ella Fitria, pendidikan karakter berbasis agama sebagai landasan agar dalam menjalani kehidupan dalam jalur yang baik dan benar.

      Hapus
  7. Agama mah yang penting dan utama, percuma pinter, tapi nggak jujur, percuma tua, tapi nggak muda lagi, apaan sih ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, kok sampe kepada tua dan muda :)

      Hapus
  8. Anonim18/4/18

    Kepada mayor dan minor yang tak bisa dielakkan dalam struktur sosial, semoga dengan keteraturan kita dalam menerapkan pendidikan karakter kepada anak pun anak didik selalu timbul nilai2 toleransi agar tercipta sebuah kerukunan dan kedamaian antar sesama umat manusia. :)

    BalasHapus